Tips Bijak Menghemat Uang untuk Anda yang Belum Berkeluarga

Tips Menghemat Uang
Tips Bijak Menghemat Uang untuk Anda yang Belum Berkeluarga - Kebutuhan semakin hari semakin besar, apalagi sehubungan dengan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar yang semakin lemah. Hal ini tentunya akan berdampak pada harga kebutuhan kita sehari-hari, entah itu kebutuhan primer, sekunder atau bahkan tersier. Dengan adanya kondisi yang seperti ini, tentunya kita harus semakin pintar dalam memanajemen keuangan kita atau kata umumnya adalah hemat. Hemat itu memang pilihan, jika kita bisa hemat, kenapa tidak? Tapi bagaimana cara kita melakukan hemat yang baik, bijak dan tentunya tidak mengesampingkan aspek kualitas kesehatan kita? Berikut kami rangkum tips / cara untuk anda dalam berhemat yang baik dan benar.

1. Membuat Catatan Pemasukan / Pengeluaran
Catatan pemasukan / pengeluaran dalam arti lain adalah pembukuan. Pasti bagi sebagian orang kalau mendengar kata pembukuan akan selalu berhubungan dengan hal jurnal dan semacamnya yang bikin ribet. Tapi sebenarnya kalaupun kita tidak membuat pembukuan yang "formal" pun kita tetap bisa. Buat yang simpel saja namun enak dan jelas untuk dibaca. Buatlah catatan anggaran, tentukan setiap bulan berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk beberapa variabel pengeluaran. Meskipun tidak bisa memotong anggaran pengeluaran tetap, bayangkanlah berapa banyak uang yang bisa Anda sisihkan dengan mencermati catatan pengeluaran yang sudah Anda buat.

2. Belanja Seperlunya
Tahan keinginan belanja Anda jika sekiranya tidak terlalu dibutuhkan pada saat ini. Kebutuhan primer tetap diutamakan dan kebutuhan sekunder dan tersier tetap di nomor duakan. Jangan biasakan kita menghemat untuk hal yang kecil namun untuk hal yang besar malah di iyakan. Contohnya kita menghemat habis-habisan uang makan kita sedangkan uang pulsa, rokok (cowok) ataupun kebutuhan elektronik  malah terus-terusan.

3. Kuasai Aturan 30 Hari
Masih ada hubungannya dengan poin ke 2. Cara ini dengan Anda berpikir kedepan jika sudah pensiun nanti. Apabila Anda merasakan dorongan untuk berbelanja barang-barang yang tidak dibutuhkan, tahanlah keinginan tersebut. Pulanglah ke rumah, tuliskan informasi barang yang Anda inginkan (harga dan tempat). Selama 30 hari berikutnya, pikirkanlah apakah Anda benar-benar menginginkan barang tersebut. Metode ini sangat efektif, selain bisa berpikir ulang, Anda juga bisa melakukan riset kecil mencari barang yang sama dengan harga yang lebih murah.

4. Kualitas bukan Kuantitas
Jika anda membeli sesuatu, pastikan bahwa harga barang itu yang standar saja, jangan terlalu murah ataupun mahal. Kenapa jangan yang terlalu murah? Barang murah kebanyakan pasti murahan, apalagi yang menyangkut benda elektronik dan semacamnya, pasti cepat rusak. Bila sudah rusak pastinya Anda akan membelinya lagi bukan? hal ini yang tidak kita sadari kalau barang murah malah akan menimbulkan pengeluaran yang lebih besar di kedepannya.

5. Nongkrong di Rumah
Bagi anda yang masih muda biasanya kalo lagi refreshing/liburan maunya keluar rumah terus. Pergi ke tempat wisata bisa menimbulkan pengeluaran yang tak terduga, apalagi pergi wisata keluar kota. Walau cuma wisata alam, tapi tentunya anda kalau berwisata tidak mungkin tidak "beli-beli" bukan?

6. Minum lebih banyak
Air putih tidak hanya bermanfaat secara kesehatan. Dengan meminum segelas besar air sebelum makan, Anda akan mencerna makanan lebih baik sekaligus menghemat uang dengan membeli porsi makanan yang lebih sedikit.

7. Menabung di Awal Bulan
Sisihkanlah 10%-30% penghasilan Anda di awal bulan. Langkah ini akan sangat membantu agar tidak memboroskan uang dengan percuma. Selain baik untuk jangka panjang, dana ini juga akan sangat berarti sebagai dana darurat.

Cukup itu saja Tips Bijak Menghemat Uang untuk Anda yang Belum Berkeluarga. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih. ^^
Previous
Next Post »